Tips Rumah Aman Untuk Lansia

Bagi Anda yang tinggal dengan orang tua yang sudah lanjut usia tentu saja keamanan dan kenyamanan harus selalu menjadi pertimbangan utama Anda.
Begitu juga dengan desain rumah, Anda harus membuat desain rumah yang aman untuk lansia. Hal ini ditujukan untuk menjaga keselamatan orang tua Anda selama beraktivitas di dalam rumah.

Menjaga orang tua memang telah menjadi kewajiban kita sebagai anak. Begitu juga dengan senantiasa memperhatikan kemudahan dan keamanan orang tua untuk bergerak di dalam rumah.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang rumah yang bisa Anda buat agar aman bagi lansia sehingga mengurangi terjadinya kecelakaan atau cidera yang menimpa orang tua Anda

Desain Rumah yang Aman untuk Lansia

Sebenarnya desain rumah aman untuk lansia ini tidak begitu berbeda dengan desain rumah pada umumnya. Hanya ada beberapa bagian rumah yang memang harus mendapatkan perhatian lebih mengingat tingkat keselamatan lansia yang tinggal di rumah Anda.

Ulasan berikut akan menunjukkan bagian rumah mana saja yang perlu Anda perbaiki atau Anda buat agar lansia aman beraktifitas di dalam rumah.

1. Memaksimalkan Ukuran Ruangan

Untuk memenuhi kebutuhan akan ruangan ini, ukuran dasar maksimum suatu ruang menjadi hal utama yang harus Anda terapkan.

Hal ini diperlukan mengingat biasanya lansia menggunakan alat bantu untuk berjalan, seperti tongkat atau bahkan kursi roda. Khusus bagi lansia yang menggunakan kursi roda, Anda juga harus mengukur jarak kursi untuk berputar.

Kebutuhan ruangan yang maksimum ini bertujuan memberikan ruang gerak kepada lansia agar bisa beraktifitas dengan baik.

Jika ruangan terlalu sempit akan menyulitkan untuk bergerak baik jalan maupun manuver kursi roda. Jarak antar perabot di dalam ruang juga erlu diperhatikan jangan terlalu banyak barang yang berdekatan dan membuat ruang terasa penuh.

2. Kurangilah Keberadaan Tangga

Adanya tangga di rumah bisa menimbulkan bahaya bagi lansia. Banyak terjadi kasus kecelakaan lansia seperti tergelincir tangga atau jatuh dari tangga.

Jika rumah Anda mempunyai dua lantai, tempatkan kamar di lantai bawah saja. Dengan berada di lantai bawah akan memudahkan orang tua Anda untuk bergerak. Hindari juga leveling antar ruang agar tidak menimbulkan kaki tersandung.

3. Kondisi Aman di Kamar Mandi

Kamar mandi juga merupakan area yang sangat berbahaya bagi lansia. Desain kamar mandi Anda harus benar aman untuk lansia.

Tambahkan karpet pada lantai agar tidak licin dan bisa juga sediakan pegangan kamar mandi untuk menghindari orang tua Anda jatuh karena terpeleset. Untuk closet gunakan yang berupa closet duduk dengan menggunakan sistem air otomatis.

4. Perhatikan Lantai Rumah

Hindari penggunaan pelapis lantai yang mempunyai tekstur licin, terutama pada lantai yang sering dilalui oleh lansia.

Anda bisa menggunakan lantai kayu atau parket untuk melapisi lantai. Apabila Anda ingin menggunakan karpet, jangan memilih karpet yang mudah bergeser yang bisa membuat lansia terpeleset atau tersandung. Gunakan karpet yan mempunyai jenis berat dan memiliki daya rekat erat di lantai.

5. Buatlah Rumah Senantiasa Terang

Kemampuan lansia untuk melihat sudah mulai menurun. Untuk mengakomodasi hal ini, sebaiknya desain rumah lansia ini dibuat agar selalu terang.

Perbanyaklah bukaan agar udara segar dan cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah. Dengan rumah yang selalu terang dan segar ini diharapkan aktivitas lansia tidak menjadi terganggu dan merasa nyaman.

Untuk  informasi lebih lengkap mengenai desain rumah Anda dapat mengunjungi selengkapnya di dekadeko.com.

Hal yang penting untuk diperhatikan dalam desain rumah yang aman untuk lansia ini adalah keamanan dan kenyaman bagi lansia.

Anda tidak perlu membangun ruang baru untuk lansia, namun bisa menyesuaikan dengan ruang yang telah ada dan di kombinasikan dengan beberapa hal yang telah diulas diatas. Tujuannya agar lansia aman dan tenang beraktivitas di rumah.