Trik Merancang Taman di Atap Rumah

Atap rumah Anda yang kosong atau hanya berfungsi sebagai jemuran rasanya ternyata bisa dimaksimalkan sesuatu yang cukup menarik, ya membuat taman.

Daripada membiarkannya gersang, Anda dapat memanfaatkan atap rumah jadi taman sayur serta bunga. Selain menjadi rindang, sayurnya bisa Anda manfaatkan dan atap rumah Anda jadi jauh lebih cantik dan indah.

Ini pada praktiknya bukanlah hal yang sulit.

Hanya saja, Anda perlu memperhatikan dan melakukan beberapa hal. Apa saja hal yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk membuat taman pada atap rumah Anda? Anda akan menemukan jawabannya di pembahasan selanjutnya.

1. Menggunakan metode warterproofing di atap rumah Anda.

Hal utama yang harus Anda lakukan untuk membuat atap rumah Anda menjadi taman adalah memastikan bahwa tidak terdapat resiko atau potensi atap rumah Anda bocor. Jangan sampai air merembes masuk ke atap didalam rumah Anda.

Anda harus melakukan tes untuk memastikan bahwa air tidak akan merembes sehingga taman sayur dan bunga Anda tidak mengancam atap didalam rumah.

Guna memastikan bahwa atap Anda aman, Anda dapat melapisinya dengan penahan air dan juga geotextile pada area atap rumah Anda.

2. Memperhatikan sistem drainase air pada atap Anda.

Tumbuhan yang disimpan pada suatu tempat diatas permukaan yang konkret harus memiliki sistem drainase atau saluran air untuk mengontrol jmlah air yang ada di tanah.

Hal tersebut harus dilakukan agar tumbuhan tidak menyimpan air secara berlebihan. Sistem saluran air ini juga memiliki fungsi untuk meneruskan prosesresapan air pada tanah dan memindahkannya ke tempat pembuangan air tersebut.

3. Memperhatikan petak lahan pada atap Anda.

Apabila Anda ingin membuat atap Anda menjadi taman semaksimal mungkin, maka melapisi permukaan atap dengan hamparan tanah perlu dilakukan.

Setelah Anda memberikan hamparan tanah pada seluruh permukaan atap, Anda dapat menanaminya dengan rumput dan juga tumbuhan yang Anda kehendaki sekaligus memetakkan tanah untuk kegiatan bertaman Anda.

Bila melihat konsep taman rooftop lainnya pada dekadeko.com. Selain melapisi atap dengan tanah, Anda bisa pula menempatkan pot-pot serta lantai kayu pada taman. Cara ini juga bisa membuat taman tampak lebih rapi.

4. Memilih tanaman yang Anda tanam.

Ini juga hal yang sangat penting untuk dilakukan. Anda harus tahu bahwa Anda tidak dapat sembarangan memilih jenis tananaman untuk ditanam di pertamanan atap Anda.

Pilihlah tanaman yang sesuai dengan kontur tanah atap Anda sehingga tanaman tersebut dapat bertumbuh dengan baik.

5. Mengatur tata letak tanaman serta hiasan pada atap Anda.

Anda juga sebaiknya tidak mengesampingkan manfaat dekoratis taman Anda meskipun tujuan utama bertaman ini lebih kepada manfaat ekologisnya.

Anda sebaiknya tetap mengatur tanaman Anda sehingga taman Anda terlihat indah dan estetik. Anda dapat memanfaatkan pot yang memiliki desain cantik untuk memperindah taman yang Anda miliki.

Selain itu, Anda dapat menambahkan kursi atau ayunan di pertamanan Anda sehingga Anda dapat menikmati rindang dan indahnya taman Anda bersama keluarga.

Agar lebih cantic, tambahkan penerangan sehingga Anda dapat menikmati taman atap Anda di malam hari pula.

Bagaimana?

Mudah sekali bukan untuk membuat sebuah taman pada atap rumah Anda. Kini atap Anda bukanlah sesuatu yang kosong, tetapi memiliki berbagai manfaat baik manfaat secara dekoratis maupun manfaat ekologis.

Selamat bertaman!