Jenis Tempat Duduk Untuk Segala Ruangan Rumah

Kursi atau Sofa umumnya digunakan sebagai tempat duduk khususnya untuk ruangan tamu. Tidak hanya untuk ruangan tamu saja, kursi atau sofa juga ada yang bisa digunakan untuk ruangan tengah atau teras rumah. Biasanya untuk ruangan outdoor banyak yang memakai kursi terbuat dari kayu.

Pada bagian ruangan dalam biasanya yang dipakai dalah jenis kursi Sofa. Sebetulnya tidak ada batasan ya untuk memakai jenis kursi atau sofa untuk sebuah ruangan, tergantung konsep bangunan dan kesukaan. Ada juga jenis kursi yang terbuat dari bahan rotan. Jenis kursi ini banyak dipakai untuk ruangan teras depan tumah. Berikut adalah penjelasan secara detail dari Hargaisirumah.com masing masing jenis kursi sofa.

Jenis Tempat Duduk Untuk Segala Ruangan Rumah

Gambar Jenis Tempat Duduk

1. Sofa Minimalis

Sofa Minimalis adalah sebuah tempat duduk yang terbuat dari kayu, busa, kain dan pegas. Dalam proses pembuatan Sofa langkah awal adalah membuat rangka terbuat dari kayu yang di bentuk sedemikian rupa tergantung desain sofanya. Setelah itu dikasih busa membalut seluruh permukaan rangka kayu. Pemilihan busa yang bagus adalah memakai jenis busa yellow super kenyal.

Langkah terkahir adalah dibungkus menggunakan kain yang sudah dijahit, baik memakai jenis kain bludru ataupun kain oscar kulit. Untuk pemilihan bahan kain jika tidak mau repot susah membersihkannya bisa pakai kain Oscar yang anti air dan mudah dibersihkan. Untuk kain bludru cenderung susah dibersihkan dan biasanya harus memakai mesin penyedot debu. Tempat duduk jenis Sofa ini sangat cocok untuk ruangan tengah, ruangan tamu dan sofa dalam kamar.

2. Kursi Kayu

Selanjutnya tempat duduk yang bagus adalah terbuat dari murni kayu full. Pemilihan kursi memakai kayu biasanya bapak bapak ya yang masih kental mengikuti jaman dahulu. Modelnya pun sangat beragam, ada yang model classic dan juga ada model modern mengikuti jaman. Bahan kursi kayu yang bagus ada Kayu Jati, Kayu Mahoni, Kayu Laban dan Kayu jenis lainnya yang mempunyai tekstur kuat dan kokoh.

Untuk membeli kursi terbuat dari kayu, pastikan Anda memilih jenis kayu yang sudah tua dan kering. Cara mengetahui kayu yang bagus berumur tua dan kering adalah Anda cukup mengetuknya, jika suaranya nyaring tidak padat berarti kayunya jelek, sedangkan jika diketuk suaranya padat berarti kayunya bagus. Umumnya type finishing yang dipakai adalah cat duco dan cat melamik, dimana kedua type finishing tersebut memiliki lelebihan dan kekurangan masing masing. Finishing yang terbuat dari cat Duco biasanya jauh lebih mahal ya dibandingkan cat Melamik.

3. Kursi Rotan

Kursi Rotan adalah sebuah tempat duduk yang terbuat dari bahan menggunakan Rotan, baik rotan alami maupun rotan sintetis. Banyak yang beranggapa bahwa jenis kursi yang terbuat dari kayu Rotan tidak awet dan tidak memiliki nilai estetika elegan terhadap ruangan. Perlu digaris bawahi, bahwa kursi rotan ada banyak sekali model desainnya dengan aneka warna cantik untuk membuat keindahan ruangan Anda.

Bahan rotan ini tidak hanya untuk kursi saja, namun ada tempat tidur, fast bunga atau hiasan lainnya. Biasanya yang  menjual jenis kursi atau furniture berbahan rotan toko khusus ya dan tidak semua toko mebel menjualnya. Alangkah baiknya jika Anda ingin membeli, bisa langsung saja berkunjung ke pengrajinnya langsung, guna untuk memilih bahan yang benar benar kokoh dan awet. Furniture bahan Rotan ini cenderung mempunyai harga terjangkau ya dibandingkan kursi dari bahan lainnya.

Sekian penjelasan dari pilihan tempat duduk, mudah mudahan bisa bermanfaat.