Cara Agar Rumah Mungil Tampak Alami

Artikel ini dipersembahkan oleh didekor.com kepada hottgarbage.com. Memiliki lahan yang sempit, kembali menjadi sebuah problematika masyarakat dalam menginginkan rumah yang sejuk.

Dengan minimnya lahan seperti itu, tiap orang akan kebingungan dalam mengolah lahan untuk dijadikan area penghijauan.

Tak sembarang ruang untuk diatur dan diolah menjadi area tumbuhan atau biasa kita sebut sebagai taman rumah area sejuk nan asri.

Akan tetapi, memiliki area penghijauan bukan berarti harus menanam tumbuhan di halaman. Hal seperti itu bisa disiasati dengan berbagai cara.

Bisa dengan menaruh tumbuhan pot dalam rumah atau apapun sejenisnya. Ide – ide kreatif diperlukan ketika ingin menghias rumah dengan lahan yang minim.

Jadi jangan berkecil hati, bagi anda yang hobi dalam bercocok tanam.

Ulasan singkat mengenai tips – tips dalam cara menghijaukan rumah mungil kalian nih guys.

Cara Membuat Rumah Mungil dengan Kesan Alami

Pada intinya, buatlah rumah Anda dengan taman di segala sisi, misalnya indoor garden, depan rumah, atau rooftop sekalipun.

Menggantung tanaman pot

Ketika membuat ide – ide kreatif banyak hal yang dapat dilakukan. Seperti mengakali area penghijauan dengan cara membikin tanaman dalam pot plastik.

Diberi sedikit tambahan kawat untuk menggantungkan tanaman merupakan ide kreatif dalam membuat mata menjadi segar. Tanpa harus dengan biaya yang mahal, rumah pun tampak menarik dengan hiasan tanaman gantung.

Hal seperti ini seringkali dibuat untuk rumah – rumah yang berkonsep minimalis. Karena memiliki lahan yang seadanya.

Pada akhirnya memanfaatkan lahan yang ada dengan dekorasi se-artistik mungkin. Meskipun sedikit memakan biaya tambahan dalam menghias.

Karya yang dihasilkan pun akan sangat bermanfaat juga bagi lingkungan sekitar, baik dari sirkulasi udara maupun efek nyaman yang diberikan

Membuat hiasan dengan warna serba hijau

Ketika tak bisa menanam tumbuhan, terdapat ide kreatif lainnya. Yaitu dengan cara membuat hiasan ruangan serba hijau.

Kenapa harus warna hijau?

Karena warna hijau memiliki makna psikologis mengenai kesuburan dan kesegaran. Taburan cat berwarna hijau dengan sedikit dekorasi gantungan dan hiasan diatas permukaan.

Merambatkan tanaman di pagar

Tanaman merambat menjadi solusi kreatif dalam menghijaukan area perumahan. Dengan tanaman merambat pula efisiensi penggunaan lahan sedikit terminimalisir. Lahan yang lain pun bisa dimanfaatkan dengan menaruh perabotan-perabotan hias.

Lengkap sudah taman mini buatan sendiri dengan kearifan lokal yang ada.

Memperkecil penggunaan listrik

Mengurangi penggunaan listrik dalam rumah, merupakan salah satu tindakan dalam menghijaukan area rumah.

Akan tetapi, dibarengi dengan desain bukaan cahaya alami yang sesuai kebutuhan. Sehingga, ketika pagi dan siang hari dapat menghemat listrik tanpa harus menyalakan lampu berulang kali. Sehubungan dengan hal itu sirkulasi udara dalam ruangan pun sangat baik.

Memperkecil penggunaan listrik pun bisa juga dengan memanfaatkan energi alternatif yang ada. Seperti contoh, memanfaatkan energi cahaya matahari dan angin.

Ketika siang hari kita dapat memanfaatkan panas matahari dengan menjadikannya sebagai alat sebagai pemanas air alami, sehingga kita tak perlu repot – repot dalam menyalakan listrik untuk memanaskan air saja.

Menempatkan tanaman dalam rumah

Tidak bisa membuat taman di luar rumah, mudah saja. Buatlah taman tersebut berada dalam rumahmu. Tanaman dalam pot – pot kecil plastik bisa kita manfaatkan sebagai taman dalam ruangan.

Selain mempunyai taman dalam rumah, kita juga mendapatkan keuntungan dengan memiliki pemandangan yang segar untuk dilihat.

Pilihan material yang ramah lingkungan

Tanpa harus bercocok tanam kita juga bisa menghadirkan nuansa kesegaran terhadap rumah idaman kita. Dengan cara memilih material yang ramah lingkungan, atau dengan mengurangi adanya penggunan kayu sebagai perabotan rumah yang ada.

Karena dengan meminimalisir penggunaan kayu, kita menyelamatkan penebangan kayu di hutan. Dengan begitu, kita sudah sepenuhnya menghijaukan lingkungan rumah kita tanpa harus biaya yang mahal.

Sekilas balik dari beberapa referensi mengenai cara menghijaukan rumah mungil, kita dapat memilih sesuai dengan keinginan kita masing – masing, dan juga disesuaikan kondisi yang ada.

Dengan begitu, kita dapat menghias rumah untuk terlihat lebih menarik, sekaligus menjadikan rumah sebagai tempat yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan energi di sekitar kita.

Untuk itulah, marilah kita bersama – sama dalam membuat lingkungan kita menjadi semakin segar nan asri. Sehingga dapat menumbuhkan kenyamanan terhadap anggota keluarga dan juga para tetangga yang lain.