Cara Menjinakan Kucing dari Ahli Terpercaya!

hottgarbage.com – Cara menjinakan kucing itu bagaimana?

Kucing memang menjadi binatang peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Disisi lain, layaknya manusia, kucing bisa kesal bahkan bad mood wal hasil dia bisa uring uringan, ngambek, tempramental dan agresif.

Ternyata bukan hanya kucing liar yang bisa galak, sewaktu-waktu kucing rumahan dan sekelas anak kucing pun berpotensi menyerang siapapun yang mendekatinya.

Nah, sebagai pemilik dan pecinta kucing nih, mengetahui cara menjinakan kucing itu amatlah diperlukan. Yuk simak tips-tips berikut ini.

 

Penyebab Kucing Menjadi Nakal

Sebelum beranjak membahas cara menjinakan kucing, kita harus tahu dulu sebab dari kucing itu ngambek dan garang. Hal tersebut di karenakan kucing juga ingin di mengerti (hehehe).

Pertama, kucing adalah sanak famili dari macan dan harimau—mereka sama-sama bertaring dan memiliki kuku yang tajam. Selayaknya harimau dan macan, kucing pun dikaruniai hasrat atau naluri untuk berburu.

Jadi ya wajar aja sih  kalau merasa terganggu mereka akan menggunakan senjata seperti cakar dan giginya untuk melindungi diri mereka alias tameng.

Adapun hal-hal yang bisa jadi membuat kucing terganggu adalah

pertama karena bawaan genetik dimana si induk juga pemarah. Ya yang namanya buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, anak-anaknya pun meniru tabiat si induk yang tempramental.

Kedua, si kucing lagi kurang fit atau kena cedera akhirnya mereka sensitif dan tidak mau diganggu. Ketiga, karena perkelahian seuasai bermain baik sesama kucing atau sama pemiliknya. Bisa dibilang mereka menjadi kesal dan akhirnya agresif.

Terakhir, kucing melihat mangsa seperti tikus dan binatang lainnya sehingga mereka menjadi agresif untuk memburu mangsanya dan tidak mau diganggu.

 

Cara Menjinakan Kucing Liar

Definisi dari si kucing liar adalah emang udah dari lahir tinggal di jalanan atau alam bebas, tersesat dan tak tau arah jalan pulang, dan ditinggal oleh sang pemilik.

Kehadiran kucing liar bisanya dianggap sebagai penggangu oleh pihak-pihak non-pecinta kucing dan akhirnya mereka diusir. Sebagai pecinta kucing sejati, tentu kita akan kasihan dong melihat nasib mereka yang terlunta-lunta.

Meski maksud hati ingin membantu memberikan kehidupan yang lebih baik, ketelatenan dan kesabaran harus setangguh baja karena biasanya kucing liar tidak mudah ditaklukan.

Si kucing liar, kebanyakan, tidak akan serta merta anteng dan manut terhadap respon kita terhadap mereka.

Awalnya, kita akan dianggap sebagai penganggu ketenteraman mereka dan kita akan jadi sasaran kegalakan mereka.

Lakukan cara menjinakan kucing liar berikut ini agar biantang yang lucu bin gemes ini takluk di pangkuan kita.

  • Siapkan ruangan khusus dan jauhkan dari jangkauan manusia. Dalam ruangan tersebut harus disediakan satu kotak tanah organik (untuk BAB), tempat persembunyian, dan alat mainan. Gunakan lampu yang sedikit temaram dari pada yang terang benderang. Dan letakan pakain bekas agar si kucing bisa beradaptasi dengan kita sebagai manusia.
  • Pancing si kucng liar dengan memberi mereka makanan diluar rumah. Dengan begitu mereka akan percaya sama kita meski perlahan-lahan.
  • Tangkap si kucing dengan keranjang hewan. Baik saat akan dibawa kerumah atau ke dokter, siapkan keranjang hewan yang hewani eh manusiawi agak si kucing kena jebakan tapi gak trauma-trauma banget.

 

Cara Menjinakan Kucing Rumahan

Pada umumnya, cara menjinakan kucing yang galak baik liar maupun rumahan tidak jauh berbeda.

Hanya saja, si kucing liar emang butuh kesabaran ekstra agar mereka bisa adaptasi dulu dengan kita pada awalnya.

Nah, kalau si kucing rumahan yang tiba-tiba menjadi galak, untuk menjinakannya gak terlalu membuat kita begitu kewalahan seperti pada polah si liar.

Berikut ini adalah cara agar kucing jinak yang bisa diterapkan pada kucing peliharaan atau rumahan.

  • Lakukan kitten trick dimana kita bisa menempatkan mainan diatas kepala si kucing. Biarkan tangannya meraih mainan tersebut dan terlena hingga lupa akan kemarahannya.
  • Berikan kucing hadiah baik makanan atau permainan. Karena kucng rumahan sudah terbiasa dengan sentuhan, jadi jangan lupa untuk mengelus-elusnya sambil mengajaknya berbicara. Di jamin si kucing akan klepek-klepek dan gak galak lagi.

 

Cara Menjinakan Anak Kucing

Cara menjinakan anak kucing itu membutuhkan sehalusan dan kelembutan lho. Itu karena si kecil masih baru mengenal dunia dan mungkin masih asing juga untuk berinteraksi langsung sama kita.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah jangan langsung memangku anak kucing tersebut cukup dengan mendekatinya perlahan dan memberikan sedikit sentuhan.

Biarkan dia duduk dan kita berikan makanan kecil agar ngambeknya mereda. Jika anak kucing tidak berinduk kita bisa memberinya susu sebagai pengganti ASIK (air susu ibu kucing).

Selain ngerti cara jinakin kucing, tentunya kita juga harus ngerti juga dong cara meminimalisir potensi tempramental mereka. Untuk kucing yang sudah kita pelihara (termasuk si liar yang sudah jadi rumahan), sebaiknya kita melakukan hal-hal berikut ini.

  • Cek kondisi badan si kucing secara teratur agar kita bisa mastiin kondisi kesehatannya.
  • Jika kita punya waktu luang, usahakan untuk mengajaknya main dan memberikannya sentuhan yang menenangkan. Saat dia mulai marah, sentuhan kita yang menenagkan tadi akan membuat kucing mudah meredam kegalakannya.

Itulah tadi beberapa tips atau cara menjinakan kucing baik untuk si liar, rumahan atau baby kitty. Overall, menjinakan kucing itu perlu kesabaran dan kelembutan juga tentunya.

Kalau kita menghadapi kucing yang galak dengan cara yang galak pula, yaa perang dong akhirnya. Yups, karena kucing juga ingin di mengerti, maka mengertilah.